Menu

    Banner by Chann Digital Indonesia Banner by Chann Digital Indonesia Banner by Chann Digital Indonesia

NIAT YASINAN 3X MALAM NISFU SYA’BAN

NIAT YASINAN 3X MALAM NISFU SYA’BAN

Malam Nisfu Sya'ban, lantunan Surat Yaa Siin menggema di Pon-Pes Salafiyah. Surat yang bergelar “Qolbul Qur’an” atau hatinya quran ini dibaca tiga kali dengan hajat yang berbeda-beda.

Bacaan yang pertama diniati supaya diberi umur panjang untuk melakukan berbagai ketaatan kepada Allah. Panjang usia yang tidak diisi dengan taqorrub kepada Allah hanya akan sia-sia, malah boleh jadi hanya mengumpulkan pundi-pundi dosa.

Pembacaan yang kedua diniati agar dijauhkan oleh Allah dari segala malapetaka. Baik malapetaka dhohir maupun bathin. Malapetaka dhohir seperti bencana alam, sakit-sakitan, kebakaran, dll. Dan Malapetaka Bathin seperti terserang penyakit-penyakit hati seperti dengki, sombong, khianat, dll

Dan pembacaan yang terakhir diniati supaya tidak bergantung kepada orang lain alias diberi rizki yang melimpah, barokah dan turah-turah.

Demikian ini supaya tangan kita tidak selalu dibawah alias minta-minta. Sebab itu bukan karakter Islam. Agama Islam tidak hanya mengajarkan kita untuk berdikari alias berdiri di kaki sendiri alias mandiri. Namun juga memotivasi supaya tangan kita diatas, yakni menjadi pribadi yang dermawan dan gemar menolong.

Setelah usai membaca Yaa Siin, santri-santri Salafiyah secara serempak membaca Do’a Nisfu Sya’ban.

Tradisi yang indah ini turun-temurun di langgengkan di Salafiyah. Ini adalah tradisi yang baik dan tidak menyalahi undang-undang agama. Yang dibaca adalah Yaa Siin yang terdapat dalam Alquran dan yang dimohoni atau dimintai adalah Allah.

Maka kita berdoa kepada Allah supaya orang-orang yang menganggap tradisi indah ini dianggap keliru, berdosa, menyalahi syariat dkk, diampuni dosanya atas celaan yang mereka lontarkan kepada kita dan semoga hidayah Allah segera masuk kedalam lubuk hatinya. Amin. (TimDakwahSalafiyahMuhtarom)

Posting Komentar

0 Komentar