Menu

    Banner by Chann Digital Indonesia Banner by Chann Digital Indonesia Banner by Chann Digital Indonesia

SALAFIYAH NGAJI SISTIM MANAJEMEN PENGELOLAAN PESANTREN DI TAZAKKA BATANG

SALAFIYAH NGAJI SISTIM MANAJEMEN PENGELOLAAN PESANTREN
DI TAZAKKA BATANG 


Ahad, 25 September 2016, Pon-Pes Salafiyah Karangmalang Kangkung Kendal mengadakan studi banding untuk belajar sistim manejemen yang baik dalam mengelola pesantren di Pon-Pes Tazakka Batang Jawa Tengah.

Rombongan yang terdiri dari beberapa pengurus dan majlis keluarga ini tiba di lokasi sesaat menjelang waktu shalat maghrib tiba. Selepas Jama’ah Maghrib, Alhamdulillah Pimpinan Tazakka, K.H. Anang Rikza Masyhadi, MA. dengan didampingi Ust. Hasan berkenanan menemui rombongan.

Banyak ilmu yang didapatkan dari Pimpinan Tazakka ini. Diantaranya beliau memberikan masukan bahwa, sebuah lembaga itu yang paling perlu untuk diperhatikan, pertama adalah soal “sistem”. Apabila semua sudah tersistem dengan baik maka roda organisasi dan kegiatan sebuah lembaga akan berjalan dengan lancar. Bahkan ketika sang pimpinan tidak ada pun kegiatan dapat berjalan lancar seperti biasanya.

Kemudian yang kedua adalah kaderisasi. Menurut beliau kaderisasi sangatlah penting, sebab tanpa adanya kader yang sudah dipersiapkan maka ketika sang pimpinan tidak bisa memimpin lagi, lembaga tersebut akan “klabaan”. Namun dalam menyiapkan kader yang mumpuni tidak cukup dilakukan setahun dua tahun, tapi butuh bertahun-tahun agar kader tersebut benar-benar matang dan handal.

Dan hal yang perlu diperhatikan lagi adalah pendanaan. Menurut beliau pendanaan itu penting namun gampang, bahkan paling gampang. Sebab ummat itu kaya. Kata beliau Kuncinya adalah dua, amanah dan amal (cita-cita). Sebuah lembaga harus punya perencanaan yang matang dalam persoalan pembangunan. Dua hal ini bagaikan kedua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Amanah saja tanpa cita-cita maka kebingungan dalam mentasharrufkan. Namun sebaliknya cita-cita saja tanpa amanah maka dana yang sudah di amanahkan tidak ditasharrufkan sebagaimana mestinya dan ummat pun akhirnya tidak percaya.

Terima kasih Tazakka, semoga Salafiyah yang notabene pesantren salaf dan Tazakka yang notabene pesantren moderen dapat berbagi peran untuk mengakomodir kebutuhan ummat Islam dan bangsa.
_________________
TIM PERS PESANTREN


Posting Komentar

0 Komentar